Asyiknya Kuliah Sambil Kerja


Kuliah sambil kerja ternyata menyenagkan. Temukan pekerjaan mana yang cocok untuk kamu....



Kondisi perekonomian Indonesia yang tidak menentu dan terkadang berada pada masa sulit, membuat setiap dari kita dituntut kreatif dalam mencari celah untuk bertahan hidup, termasuk bagi mahasiswa. Permasalahan hidup yang sulit sulit bagi sebagian lapisan masyarakat mendorong mahasiswa mencari solusi permasalahan finansial yang mereka alami dengan bekerja.
Ada sebagian mahasiswa yang memang mempunyai masalah dengan biaya kuliah, sehingga mereka berusaha meringankan beban orang tua dengan bekerja. Namun ada juga mahasiswa yang bekerja dengan alasan kemandirian ataupun sekedar mencari tambahan uang saku seiring kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Apapun motivasinya, tidak ada larangan bagi seseorang untuk kuliah sambil bekerja.
Ada banyak hal positif yang bisa diperoleh dengan bekerja. Di samping kita bisa mempunyai penghasilan sendiri, pengalaman yang kita dapatkan saat bekerja sangat bermanfaat untuk mendukung perkuliahan itu sendiri dan sebagai tambahan referensi kerja di masa mendatang.
Setidaknya kita dapat merasakan langsung semua hal yang berhubungan dengan dunia kerja yang sesungguhnya, yang selama ini hanya kita tahu dari buku dan sharing dari dosen. Dengan pengetahuan dan pengalaman langsung, akan kita akan lebih mudah memahami isi perkuliahan tersebut. Karena pada dasarnya, isi perkuliahan memang menjelaskan istilah-istilah dan hal-hal yang terjadi dan berhubungan erat dengan dunia kerja.
Keuntungan lain dari bekerja pada saat kuliah, mahasiswa dapat menggunakan perusahaan tempat mereka bekerja sebagai obyek studi kasus bagi tugas-tugas, diskusi ataupun makalah kuliahnya. Hal ini akan memberi banyak kemudahan bagi mahasiswa, karena mereka sudah mengenai dengan baik perusahaan tersebut dan pengurusan surat izin melakukan penelitian akan jauh lebih mudah juga. Mahasiswa juga dapat menggunakan fasilitas yang diberikan perusahaan, misalnya komputer atau bahkan layanan internet, untuk kepentingan perkuliahan dan tentu saja ini dilakukan di luar jam kerja.
Di samping hal-hal bermanfaat yang dapat kita peroleh dengan bekerja pada saat kuliah, tentu saja ada perjuangan-perjuangan yang harus kita lakukan, mulai dari merelakan berkurangnya waktu bermain dan berkumpul dengan teman untuk diganti dengan bekerja, sampai membagi pikiran dan tenaga untuk kepentingan tugas di kantor. Di samping itu juga, kita harus mampu beradaptasi dengan orang-orang dalam lingkungan kerja, yang umumnya lebih dewasa dalam berpikir dan sangat menuntut tanggung jawab penuh kita dalam menyelesaikan tugas. Belum lagi, jika saat ujian kuliah tiba, kita harus menjadi lebih rajin dan ekstra sehat agar bisa mempersiapkan diri.
Namun, masalah lain yang peril dihadapi adalah kondisi dimana kuliah sebagai prioritas utama bergeser posisinya menjadi prioritas kedua setelah pekerjaan. Sehingga banyak dijumpai pada kasus-kasus tertentu, kuliah menjadi “keteteran” atau terlantar karena mahasiswa keasyikan bekerja dan tidak mampu mengatur waktu dengan baik. Jadi kita harus pintar-pintar mengatur waktu supaya kuliah OK, kerja juga OK. Kedisiplinan bisa menjadi cara paling ampuh untuk mengatasinya.
Berdasarkan hasil comment dari beberapa forum di internet, ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa. Dan pekerjaanj inilah yang dinilai bisa mendatangkan profit yang cukup dalam sebulan, selain itu juag tidak terlalu mengganggu waktu kuliah. Di antaranya:
  1. Menjual pulsa elektrik
Memulai bisnis bisa dimulai dengan modal 100ribu, bahkan bisa dengan modal 50ribu. Anda tinggal dating ke pusat penjualan pulsa, dan meinta deposit untuk pengisian pulsa. Caranya cukup simple dan tidak butuh registrasi atau syarat-syarat yang susah. Selain menyiapkan modal, Anda juga harus bisa membangun jaringan dan rajin promosi ke teman-teman supaya kalau membeli pulsa hanya kepada Anda. Supaya menarik minat, Anda bisa menawarkan pembayaran pulsa dengan sistem kredit, alias bayarnya boleh nyicil. Cara seperti ini memang terbukti efektif dalam melariskan setiap dagangan, namun Andapun juga harus teliti dan jeli mencatat setiap teman Anda yang membeli pulsa, karena terkadang ada beberapa dari mereka yang berbuat curang atau menunggak dalam pembayaran. Andapun juga harus siap jadi renternir dadakan.
  1. Mengajar privat
Bagi Anda yang merasa memiliki cukup ilmu dalam bidang yang Anda geliti, Anda bisa mencoba menjadi guru bimbingan belajar privat. Misal Anda dari jurusan bahasa, Anda bisa mengajar privat mata pelajaran bahasa Indonesia atau Inggris. Tentunya sesuaikan dengan kapabilitas dan kemampuan Anda. Kalau Anda merasa belum mampu mengajar anak setingkat SMP ataupun SMA, siswa yang duduk dibangku SD bisa menjadi pilihan, asal Anda telaten dan sabar.
  1. SPG atau SPB
Asalkan kita pandai promosi dalam menawarkan barang, kita bisa kerja dibidang ini. Bagi Anda yang bingung bagaimana supaya dapat job event-event, caranya gampang. Anda tinggal memasukkan CV plus photo ukuran post card ke agency-agency yang bergerak dibidang event organizer.
  1. MC Event
  2. Penyiar Radio
  3. Bisnis berbasis internet
Bagi Anda yang saat ini sedang berusaha mencari pekerjaan, sebenarnya informasi tersebut bisa didapatkan di mana saja, asal kita mau berusaha. Anda bisa mulai mencari informasi dunia kerja dari kampus. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda laksanakan bagaimana mendapatkan informasi dunia kerja baik kerja paruh waktu maupun full time dari kampus :
  1. Rajin-rajin melihat papan-papan pengumuman di kampus atau yang ditampilkan di web kampus. Biasanya kampus-kampus suka memasang pengumuman informasi kerja dari perusahaan tertentu. Jika sesuai, buatlah surat lamarannya dan kirimkan ke perusahaan tersebut.
  2. Jangan ragu untuk mengirim surat lamaran sedini dan sebanyak mungkin. Selain rajin membaca papan pengumuman di kampus, nggak ada salahnya Anda rajin hunting lowongan pekerjaan lewat koran, internet, dll. Jika ada yang cocok dengan Anda, kirimkan lamaran secepat mungkin.
  3. Dapatkan informasi dari para senior, dosen petugas administrasi atau tata usaha mengenai prospek mendapatkan pekerjaan. Terutama dengan para senior yang cukup pengalaman kerja paruh waktu. Ingat, jangan anggap enteng pertemanan dengan senior dari jurusan, fakultas atau kampus yang sama. Hubungan ini bisa juga membantu Anda mendapatkan pekerjaan.
  4. Jika prestasi akademik Anda cukup memuaskan, mintalah surat pengantar dari kampus. Saat mengirim surat lamaran, karena ini akan menambah point tersendiri.
  5. Maksimalkan kesempatan praktek kuliah kerja lapangan sebaik-baiknya. Selain bekerja, jalinlah hubungan baik dengan media atau perusahaan tempat Anda praktek. Siapa tau aja, kelak usai Anda kuliah, Anda bisa menembus kerja di perusahaan itu.
  6. Manfaatkan juga saat-saat penelitian untuk skripsi/tugas akhir Anda di perusahaan tertentu Selain menggali bahan-bahan skripsi dari orang-orang yang kompeten di perusahaan tersebut, jangan lupa jalinlah hubungan baik dengan mereka.
Selain itu semua, membangun jaringan pertemanan sangatlah strategis untuk Anda gunakan untuk mendapatkan informasi dari teman-teman Anda, seperti penggunaan Facebook. 


EmoticonEmoticon