Apa Tujuan Kuliah itu ?


Melanjutkan ke perguruan tinggi atau kuliah tentunya idaman setiap orang. Meskipun tidak semua berfikir seperti itu, namun mayoritas. Pendidikan yang semakin tinggi tentu dalam masyarakatumum lebih di pandang dan “Terjamin”. Apalagi sebagian orang tua memiliki anak yang kuliah hingga menyandang status “Sarjana” adalah idaman sekaligus kebanggaan yang tak ternilai harganya. Tetapi apakah benar kalau kuliah itu masa depannya terjamin ? ? . Biasanya tujuan mahasiswa datang ke kampus dengan beragam alasan, misalnya
- mencari ilmu
- menambah teman
- mencari pacar
- mencari pergaulan
- meningkatkan minat bakat
- mendapat nilai
- mendapat wawasan
Namun banyak yang bertanya kepada saya,  Apakah Kuliah untuk mencari kerja?? itulah pertanyaan yang sering tinggal di dalam hati saya, mungkin juga para mahasiswa di sana yang hidupnya terkatung - katung belum jelas untuk melihat masa depan mereka.

       Ketika saya mencoba memahami pertanyaan tersebut saya sungguh bingung untuk menjelaskannya. Secara, saya seorang yang masih menyandang status mahasiswa. Namun dari hasil pengamatan saya ada yang berbeda dengan jurusan - jurusan di setiap fakultas. Maksudnya berbeda adalah mahasiswa mengambil jurusan A namun saat bekerja dia bekerja pada perusahaan yang jauh dari jurusan yang di ambilnya. Keadaan lingkungan sekita telah membuktikannya misal kuliah mengambil jurusan peternakan namun saat bekerja dia memilih karir di kehutanan atau kuliah bekerja di bidang kesehatah namun memilih karir di bidang bisnis manajemen pemasaran sebuah perusahaan. Mungkin kita masih ingat, siapa itu Taufik Ismail?? Beliau adalah sastrawan yang terkemukan dinegeri ini. Tahukah kita jurusan atau gelar apa yang di ambil oleh seorang Taufik Ismail untuk menjadi sastrawan?? ternyata Taufik Ismail mengambil jurusan Kedokteran Hewan di IPB dan Beliau pun berhasil meraih gelar Drh nya. ketika saya membaca biografi beliau saya sempat tidak percaya. Bagaimana tidak, seorang sastrawan tenar lahir dari bidang kedokteran Hewan.

     Dimana tujuan kuliah yang sebenarnya bukanlah untuk mencari kerja namun untuk mematangkan pikiran dan karakter kita agar lebih dewasa,memperluas wawasan dan menambah network untuk bekal kita saat telah lulus kuliah. Jadi artinya jurusan kuliah bukan berarti kita bekerja pada bidang yang sama saat bekerja nanti. mungkin kita akan bekerja dengan pashion kita sendiri namun ada kemungkinan juga orang tersebut bekerja sesuai dengan bidang yang diambil saat kuliah jika orang tersebut konsisten dengan tujuan hidupnya



EmoticonEmoticon