Cara Cek Template Blog Responsive atau Tidak

Template Blog yang Responsive memang sudah menjadi hal wajib bagi seorang Blogger yang Modern.Terutama pada tahun 2015 ini.Template Responsive sendiri sebenarnya dibuat untuk mempermudah pengunjung mengakses sebuah blog atau website dengan menggunakan Perangkat Mobile.Bayangkan saja jika Template Blog anda tidak Responsive,kalian bisa menyia-nyiakan banyak pengunjung dari perangkat Mobile.Karena para pengunjung dari perangkat mobile merasa kesulitan dengan template yang kurang nyaman dan kasar,dan akhirnya mereka pergi ke blog yang memiliki tampilan yang lebih mudah diakses.

Padahal seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan orang pada zaman ini lebih sering mengakses internet menggunakan Smartphone daripada menggunakan perangkat Desktop.Dengan adanya Template Responsive,pengunjung akan bisa mengakses artikel pada blog dengan sangat mudah,dan biasanya tampilannya tidak terlalu jauh berbeda.Mereka bisa dengan leluasa membaca dan mencari artkel tanpa harus mengalami kesulitan.Terutama pada bagian Label,visitor bisa bebas milih artikel dengan lebih tertarget sesuai label. 


2 Cara Cek Template Blog Responsive atau Tidak

1. Dengan Menggunakan Responsinator

Cara pertama ialah menggunakan sebuah tool website gratis yang bernama Responsinator.Cara penggunaanya sangat mudah dan hasil pengecekkan sangat detail dan memuaskan.Silahkan simak tutorialnya berikut :


  • Silahkan pergi ke website responsinator yang berlamatkan di Responsinator
  • Maka anda akan disajikan tampilan kurang lebih seperti gambar berikut.
  • Pada kolom URL yang terletak di samping kiri atas,yang sudah saya kasih tanda panah , sekarang tingaal masukan alamatnya Misalnya www.informasiau.blogspot.com kemudian klik tombol Go.Dan tunggu beberapa saat.
  • Setelah menunggu beberap detik,akan terlihat hasil template kita jika dilihat dalam tampilan Mobile View.Jika Responsive ,maka hasil tidak akan terlalu berbeda dengan template desktop.Dan pastinya menu-menu widget tidak hilang.
  • Terdapat 12 jenis Demo Tampilan,mulai dari tampilan Pada Iphone,Android,hingga IPad.Uniknya lagi kita bisa menggerakkan menu dalam Mobile Demo.Bahkan bisa diklik dan dijelajahi dengan bebas.Jadi kita bisa tahu bagian mana saja yang sekiranya perlu diperbaiki.

2. Menggunakan StudioPress Responsive

Cara kedua ialah menggunakan StudioPress Responsive yang juga merupakan tool web gratis yang disediakan untuk mengecek Responsive Template sebuah Blog.Hanya saja tampilannya lebih sederhana,namun hasil yang disajikan cukup bagus.

  • Silahkan kunjungi websitenya yang beralamatkan di StudioPress Responsive 
  • Pada kolom atas,silahkan masukkan URL Blog atau website yang ingin dicek.Lalu pada bagian sampingnya,silahkan pilih Width Only atau Device Sizes.Lalu enter. seperti gambar di bawah ini ! .
  • Makan akan muncul 5 Buah Demo Mobile View.Silahkan dilihat dan dicek dengan seksama.Sama halnya dengan cara yang pertama,kita juga bisa klik dan menjelajah dengan bebas Artikel pada Demo Blog.

Jadi kesimpulannya,jika sebuah blog atau website memiliki Template yang Responsive,maka akan bisa lebih fleksibel untuk dibaca dengan berbagai jenis dan ukuran layar Device.Tidak perlu lagi mengubah dan mengedit total template agar responsive,karena sudah bayak author template yang menyediakan,kita hanya tinggal memilih dan memasangnya saja.Jika template anda belum responsive,maka saya sarankan segera ganti dengan template yang lain yang responsive.Sebelum anda semakin banyak kehilangan visitor mobile.


EmoticonEmoticon